Keluarga Harus Dampingi Anak Hadapi Ujian Nasional

ImageImageTidak hanya siswa sekolah dasar namun juga orang tua perlu dipersiapkan dalam menghadapi ujian nasional yang dijadwalkan akan dilaksanakan bulan depan. Peran orangtua dapat dilihat dalam membentuk lingkungan belajar yang kondusif di rumah. “Rumah harus menjadi tempat belajar yang kondusif bagi anak, hal ini bisa menjadi factor penentu kesuksesan prestasi anak,” ujar Rajwan Taufiq, SIP, Sekretaris Kecamatan Mergansan.
Menanggapi hal ini maka Kecamatan Mergansan bekerja sama dengan Rumah Inspirasi,HIMA PGSD UNY, BEM FIP UNY, BEM KM UNY, serta Forum Studi dan Advokasi Pendidikan (FSAP) DIY akan mengadakan talkshow bertajuk “Sarasehan Orang Tua SIswa Kelas VI Dalam Rangka Penyiapan Ujian Nasional” pada Selasa (16/4) di balai Kecamatan Mergansan.
Acara akan menghadirkan orang tua yang mempunyai anak kelas VI SD se-Kecamatan Mergansan dan akan dimulai pada jam 13.00 hingga 15.00. Dalam acara ini akan menghadirkan Fatan Fantastik, trainer pengembangan diri, dan juga Aprilia Tina Lidyasari, M.Pd, dosen PGSD UNY.
Ujian nasional tidak hanya menyangkut prestasi belajar anak saja, ujar Alvian Ramadhani dari Rumah Inspirasi, tapi juga membentuk suasana belajar yang kondusif di rumah. Selama ini kebanyakan orang tua hanya pasrah saja sepenuhnya pada proses belajar anak disekolah, namun di rumah cenderung diabaikan. Bahkan ada pula tindakan-tindakan kecil yang dilakukan oleh para orang tua yang bisa mengganggu belajar anak ketika di rumah.
“Tindakan-tindakan itu misalnya saja orang tua meminta anak untuk belajar tapi ia malah menonton televisi. Hal ini sangat kontradiktif. Harusnya orang tua juga mendampingi anak belajar,” lanjut sarjana pendidikan dari UNY ini.
Pendampingan belajar yang dilakukan orang tua, lanjut Alvian, juga akan meningkatkan hubungan harmonis antara anak dan bapak ibunya. Hal ini akan semakin memperingan tekanan mental anak dalam menghadapi ujian nasional.
Setelah tempo lalu mengadakan kegiatan try out gratis jelang Ujian Nasional yang diharapkan mampu membentuk suasana belajar yang kondusif di lingkungan masyarakat, acara kali ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar dalam keluarga. Dan akihrnya tri pusat pendidikan seperti yang diutarakan Ki Hajar Dewantara yaitu bahwa pendidikan berlangsung di lingkungan sekolah, masyarakat dan keluarga dapat terwujud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s