Dolanan Anak : Bermain Tak Harus Canggih dan Mahal

 

Image

 Zaman memang sudah berubah. Sekitar 30-40 tahun silam, setiap bulan purnama tiba selalu digelar permainan yang dilakukan oleh anak-anak di kampung. Anak-anak bermain, berlarian, bercengkerama, membentuk lingkaran sambil menyanyikan lagu rakyat “dolanan ing jaba”, yang berisi ajakan untuk tidak menyia-nyiakan kehadiran bulan purnama. Di bawah terang sinar bulan, ada beragam dolanan anak yang dimainkan. Jamuran, gobak shodor, cublak-cublak suweng, sampai yang permainan yang paling sederhana, yaitu jethungan (petak umpet).

Adakah dolanan seperti itu di saat sekarang? Ketika anak-anak lebih suka meminta uang saku orang tua untuk pergi ke rental play station, lebih suka diajak orang tua ke arena permainan di mall, dan lebih suka menyendiri di kamar dengan game di ponselnya. Bahkan bisa jadi, anak-anak sekarang sudah tak lagi mengenal ragam dolanan anak negeri ini.

Meski tak canggih, dolanan anak memiliki sisi positif, karena mampu melatih anak bersosialisasi dengan lingkungannya. Menurut Dra.Hastaning Sakti, Psi.Mkes,”Permainan tradisional seperti bekelan atau dakon dapat melatih anak belajar bekerja sama, saling memahami, bersabar, melatih kepekaan, dan saling pengertian”. Ini yang tidak bisa didapatkan dari permainan modern, karena permainan anak modern lebih bersifat individual, bahkan berkesan anti-sosial. 

            Kegagapan orang tua menangkap perkembangan teknologi juga menjadi salah satu penyebab semakin tersisihkannya dolanan anak. Padahal memilihkan mainan untuk anak itu sangatlah penting, karena permainan yang dimainkan oleh anak akan mempengaruhi perkembangannya. Saatnya orang tua lebih bijak memilihkan permainan bagi anak. Permainan dengan teknologi canggih dan mahal belum tentu baik bagi perkembangan anak. AR//

 

Gambar : Dolanan Bocah Tradisional Images by Wahid Ar from Jogja FB Fan Page  to Jogjaicon 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s