Kenaikan BBM = Kesejahteraan atau Kesengsaraan Rakyat

ImageImage              Oleh: Alvian Ramadhani

Malam ini hampir seluruh SPBU dibanjiri oleh masyarakat yang hendak mengisi bahan bakar minyak (BBM) sebelum terjadi kenaikan harga. Karena malam ini, pemerintah akan mengumumkan harga BBM bersubdi. Dikutip dari Republika.co.id, “Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan kenaikan harga BBM bersubsidi akan diumumkan Jumat (21/6) malam ini”. Bagi masyarakat, ini adalah kesempatan terakhir untuk mendapatkan BBM dengan harga murah.  

                Kebijakan ini sebenarnya juga telah mengalami penolakan dari beberapa pihak. Kita bisa lihat aksi demonstrasi mahasiswa dan buruh beberapa waktu lalu, dan bahkan mala mini masih juga terjadi aksi demonstrasi dibeberapa titik untuk menyuarakan penolakan terhadapa rencana pemerintah menaikkan harga BBM. Di ruang parlemen pun juga tak kalah ramai. Beberapa partai politik seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerindra, dan Hanura. Namun, partai-partai ini kalah pada saat voting dengan partai-partai yang setuju dengan kenaikan harga BBM bersubsidi.

                Kenaikan harga BBM bersubsudi jelas membawa dampak yang signifikan terhadap kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Bahkan sebelum harga BBM bersubsidi yang baru diberlakukan, barang-barang kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan harga. Sungguh ironi memang, menjelang bulan Ramadhan dan lebaran di mana kebutuhan akan bahan-bahan pokok sedang tinggi, belum lagi di masa-masa sekarang banyak orang tua yang sedang mencarikan anak-anaknya sekolah. Sebenarnya masyarakat dalam waktu dekat ini, sedang mengalami tekanan ekonomi yang hebat. Namun, seolah pemerintah tidak mengindahkan kondisi ini.

Pemerintah selaku pembuat kebijakan selalu mengatakan bahwa pengurangan subsidi BBM ini adalah sebuah upaya untuk menyelamatkan keuangan Negara. Kondisi ini membuat kita semua bertanya, sebenarnya pemerintah berpihak kepada siapa. Meminjam penggalan puisi WS Rendra, “Maksud baik saudara untuk siapa, dan saudara berada dipihak yang mana?”  ///AR

               

               

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s