MANFAAT PIKNIK BAGI ANAK-ANAK

        ImageOleh : Alvian Ramadhani, S.Pd.

Beberapa waktu kedepan kita akan masuk di masa liburan sekolah. Tempat-tempat wisata pun akan dibanjiri pengunjung, baik dari rombongan sekolah, keluarga atau kelompok masyarakat untuk berekreasi. Rekreasi/berwisata atau lebih sering kita sebut sebai piknik merupakan aktivitas yang bertujuan untuk mendapatkan kepuasan serta merehatkan badan dan fikiran. Dan, piknik biasanya dilakukan pada masa-masa liburan, seperti beberapa waktu ke depan yaitu saat liburan sekolah. Khususnya bagi anak-anak, pergi piknik adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu.

Adapun manfaat dari piknik bagi anak akan kita bahas bersama. Piknik akan membuat anak melupakan beban aktifitas rutin, seperti: mengerjakan tugas-tugas sekolah. Pada saat piknik anak akan mendapatkan suasana senang, sehingga ini dapat mengurangi tingkat stres anak dalam menghadapi rutinitas. Tingkat stress yang berlebihan pada anak akan membuat anak cepat lelah pada saat belajar, kurang memiliki keceriaan diri, dan menjadi pribadi yang tertutup.

Pada saat piknik, anak akan mendapatkan pengalaman baru. Karena anak akan melihat sebuah tempat baru atau tempat yang tidak biasa dikunjungi. Di tempat yang baru dikunjungi anak-anak akan menemukan sesuatu yang tidak biasa ditemukan di lingkungan rumah atau sekolah. Pengalaman ini akan bermanfaat bagi anak untuk mengembangkan daya imajinasi atau kreatifitas anak. Selain itu ini juga bisa menguatkan dari apa yang sudah dipelajari di sekolah. Misalnya: di sekolah diajarkan tentang laut, pada saat piknik di laut anak akan mendapatkan visualisasi langsung tentang seperti apa laut, ada apa saja di laut dan lain sebagainya.

Pengalaman baru yang didapatkan pada saat piknik juga dapat merangsang kemampuan komunikasi anak. Pengalaman baru yang dilihat akan merangsang anak untuk menceritakan apa yang dilihat pada saat piknik kepada teman atau keluarga yang lain. Pada saat anak melihat sesuatu yang baru di lokasi piknik akan merangsang anak untuk bertanya kepada orang tua perihal sesuatu yang dilihatnya. Proses ini akan merangsang peningkatan kemampuan komunikasi anak.

Dengan piknik anak-anak juga akan belajar tentang menghargai yang lain. Karena mungkin lokasi piknik yang dituju mempunyai perbedaan secara budaya. Ini akan merangsang kemampuan anak untuk dapat menghargai perbedaan. Untuk itu sangatlah penting orang tua mendampingi anak-anak pada saat pergi piknik, karena anak-anak akan membutuhkan bimbingan untuk mendapatkan pengalaman baru dan juga untuk memberi pemahaman dari apa yang dilihatnya.

Piknik tidaklah harus mahal, karena sekarang banyak tempat-tempat wisata yang murah untuk dikunjungi bersama dengan anak-anak. Misalnya mengajak anak jalan-jalan mengunjungi museum, mengajak anak berenang dan lain-lain. Dan yang tak kalah penting lagi adalah kesadaran orang tua untuk mau meluangkan waktu mengajak anak-anaknya pergi piknik. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s